Frans Dione's Weblog Rotating Header Image

E-book

Silakan Download!

Electronic Books. E-book  terpilih terutama menyangkut ilmu pemerintahan, public administration, politik dan studi pembangunan.

Modern Local Gorvernment by Janice Morphet, Sage Publications, Singapore, 2008. Buku ini membahas mengenai reformasi pemerintahan di tingkat lokal terutama di Inggris sejak tahun 1997. Walaupun membahas tentang pemerintah daerah di inggris, tetapi relevan untuk menjadi bahan studi perbandingan dalam rangka memperbaiki kinerja pemerintahan daerah di negara kita. Tema-tema yang dibahas dalam buku ini antara lain mengenai, pendekatan baru penyelenggaraan kewenangan di daerah, persoalan kinerja, privatisasi di tingkat daerah, pengadaan, penanganan korupsi, keuangan daerah, kerjasama dan kemitraan dan sebagai konklusi penulisnya menutupnya dengan pemaparan mengenai prasyarat mencapai masa depan pemerintahan daerah yang baik. Walaupun apa yang dijabarkan dalam buku ini belum tentu bisa menjadi cetak biru pemerintahan lokal yang modern di indonesia, setidaknya bisa menjadi acuan dalam memperbaiki tata kelola pemerintahan daerah yang lebih baik. Seiring dengan perkembangan prinsip-prinsip dan paradigma baru dalam tata kelola pemerintahan, maka mencari bentuk ideal pemerintahan lokal yang modern serta sesuai dengan kondisi empirik indonesia merupakan suatau keniscayaan. Untuk mendownload e-book ini silakan klik di sini.

Decentralization Police in Asian Development by Shinichi Ichimura & Roy Bahl, World Scientist, Singapore, 2009. Buku ini menguraikan mengenai lesson learned kebijakan desentralisasi di Asia. Buku ini berkaitan dengan subjek penting dari Desentralisasi Politik dan Fiskal, yang kini sedang berkembang di banyak negara Asia termasuk Jepang, India, Indonesia, dan Cina. Kemajuan desentralisasi politik dan fiskal di Asia telah menarik banyak perhatian dari para pembuat kebijakan dan akademisi di seluruh dunia. Sistem politik negara-bangsa baru biasanya diselenggarakan di bawah pemerintah pusat yang otoriter, dengan mengutamakan pembangunan ekonomi. Namun, masyarakat sipil dan sektor bisnis menuntut pemerintah harus menyediakan pelayanan publik yang lebih baik dan utilitas untuk pekerjaan dan pengembangan usaha mereka.  Menyadari hal ini, birokrat dan politisi mulai serius mencari cara dan sarana desentralisasi politik dan fiskal. Misalnya, di Indonesia  sejak awal tahun 1970-an ketika negara cukup stabil, dan dari sisi pendapatan negara tersedia dana sebagai akibat “oil booming”,  Indonesia telah mengadopsi sistem desentralisasi politik dan fiskal, walaupun dalam pelaksanaannya masih terdapat banyak kendala dan terjadi tarik-ulur antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Proses desentralisasi politik dan fiskal di Indonesia sangat menarik untuk dicermati.

Social Capital and Economic Development by Patrick Francois, Cornell University, 2002. Buku ini menguraikan tentang tingkat kepercayaan di antara anggota suatu masyarakat, dan hubungannya dengan proses pembangunan. Dalam pandangan ekonomi, kepercayaan berarti bahwa seseorang akan bertindak dengan cara yang konsisten dengan hal-hal yang ia janjikan, tetapi hanya selama sesuai dengan  kepentingan diri mereka. Dalam konteks yang disajikan di sini lebih sosiologis. Dalam rangka untuk mempercayai seseorang tidak perlu tahu banyak mengenai situasional logika mereka, melainkan yang diperlukan adalah mengetahui bahwa mereka dapat dipercaya. Pendekatan kelembagaan baru dalam pembangunan ekonomi lebih difokuskan pada elemen yang berkaitan langsung dengan kompatibilitas insentif, dalam menjelaskan produktifitasperbedaan antar negara. Buku ini, sebaliknya, berfokus pada perbedaan budaya dan khususnya, kepercayaan dan tingkat sejauh mana mendukung praktek bisnis. Norma dan nilai dalam perspektif, masing-masing menimbulkan wawasan yang berbeda dan implikasi kebijakan yang berbeda pula. Untuk mendownload e-book ini silakan klik di sini.

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *